Assalamu'alaikum Wr. Wb

Welcome To My Area

Teknologi Hijau Kontribusi Daihatsu Lestarikan Lingkungan

Selasa, 23 April 2013
Di ere modern ini perkembangan dari teknologi berkembang dengan sangat pesat dan cepat sampai seluruh penjuru dunia. Kemajuan dan perkembangan teknologi tersebut memberikan dampak positif bagi kehidupan. Namun, tidak sedikit juga yang memiliki dampak negatif bagi kehidupan. Banyak berbagai jenis teknologi yang canggih dan mutakhir di berbagai bidang . Namun belum banyak yang mengembangankan teknologi yang baik dan ramah lingkungan. Contoh nyata adalah dibidang  industry yang membuang limbah secara langsung yang mencemari lingkungan. Dan asap kendaraan bermotor yang menjadi polusi udara.

Seperti yang kita ketahui bahwa bumi yang kita tempati ini keseimbangan alamnya telah terganngu dengan adanya berbagai penceramaran, global warming dan efek lainnya. Lingkungan tempat tinggal kita yang dulu nyaman kini mulai berubah, musim yang dulunya dapat kita perkirakan, sekarang menjadi tidak tentu dan iklim pun berubah drastis. Tidak dapat dibayangkan jika lingkungan yang kita tempati benar-benar rusak, mau kemana lagi kita mencari tempat tinggal?. Maka dari itu dituntutlah sebuah perkembangan dari teknologi yang ramah lingkungan agar dapat menjaga keseimbangan alam.

Salah satu teknologi yang sedang banyak dikembangkan oleh para peneliti diberbagai bidang adalah Teknologi Hijau, istilah keren lainnya Eco Techology atau Green Techology. Teknologi hijau adalah suatu penerapan ilmu sains yang diterapkan dalam berbagai bidang yang memiliki tujuan utama mengurangi dan meminimalkan kesan negatif dari aktifitas manusia terhadap lingkungan dan memelihara alam sekitar. Oleh sebab itu banyak para pakar teknologi sekarang sedang berinovasi menciptakan suatu produk yang ramah lingkungan.

Segala teknologi keluaran terbaru mengusung teknologi hijau dalam rangka melestarikan dan mengurangi pencemaran terhadap lingkungan. Termasuk teknologi terbaru yang diusung oleh para pabrikan mobil dunia yang sedang berlomba-lomba membuat kendaraan ramah lingkungan. Salah satu contonhnya pakbrikan mobil Jepang yaitu Daihatsu. Industri otomotif di Indonesia memang dikuasai oleh pakrikan asal Negara Sakura meskipun sekarang industri otomotif dari Eropa dan Amerika mulai berkembang. Tetapi banyaknya konsumen Indonesia yang loyal terhadap produk mobil buatan Jepang ini menjadikan Daihatsu lebih meningkatkan pelayanan dan produknya dan melakukan terobosan baru dengan menerapkan "Teknologi Hijau" dalam produk mobil buatannya.


Teknologi Hijau yang dikembangkan pada produk mobil Daihatsu, bernama “Eco-IDLE” Technology. Dalam teknologi tersebut terdapat system i-EGR yang menghasilkan pembakaran sempurna dan meminimumkan keluaran gas CO2 tidak hanya itu Daihatsu menerapkan system eco-IDLE yang mengatur hidup-mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet untuk mencapai efesiensi konsumsi bahan bakar. 


Daihatsu juga menerapkan system 2 Cylinder Turbocharged Direct Injection. Teknologi ini diklaim bertujuan untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar lebih dari 30% dibandingkan mesin Daihatsu saat ini. Dengan mesin turbo tersebut akan terwujud kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar meskipun dengan mesin ber-cc rendah. Selain itu, komponen yang digunakan pun lebih sedikit sehingga akan lebih ringan dan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit.



Teknologi lain yang dikembangkan Daihatsu adalah Precious Metal-Free Liquid-Feed Fuel Cell. Suatu teknologi Precious metal free ini menjadikan sumber daya alam yang lebih sedikit dan biaya yang lebih rendah pula. Selain itu jarak tempuhnya juga menjad I lebih jauh dibandingkan teknologi fuel cell lain. Dan satu lagi kelebihan yang dimiliki teknologi ini adalah emisi CO2 yang dikeluarkan nol sehingga ramah lingkungan. Teknologi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pemakai mobil Daihatsu.




Teknologi inilah yang dibutuhkan masyarakat sekarang agar mobil-mobil tidak lagi menjadi salah satu penyumbang pencemaran lingkungan dan pengborosan bahan bakar. Dengan inovasi-inovasi teknologi hijau yang dikembangkan dalam mobil Daihatsu tersebut menjadi bukti kontribusi dari pabrikan mobil asal Negara Jepang ini untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Teknologi-teknologi lainnya pun akan terus dikembangkan untuk dapat melayani masyarakat luas dengan teknologi canggih dan mutakir yang tetap mengedepankan kualitas dan ramah lingkungan.

Referensi :
http://www.daihatsu.co.id/

3 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    oh ini yg dimaksud dengan teknologi hijau, salam kompetisi :)

    http://asikbelajar-tik.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-sama-dengan-menjaga.html

  1. Unknown mengatakan...:

    wah,keren ulasannya,gambarnya juga!
    ditunggu kunjungan baliknya ya gan!! :D
    ardirahman.blogdetik.com

  1. Aas Suhendar mengatakan...:

    Teimakasih agan2 semua.. salam kompetisi :D

Posting Komentar