Assalamu'alaikum Wr. Wb

Welcome To My Area

Sniffing menggunakan Wireshark

Minggu, 21 April 2013

Sebelum kita melakukan proses Sniffing dengan Wireshark kita harus mengetahui dulu apa istilah baru tersebut. WireShark adalah sebuah progam yang akan mencoba menangkap paket-paket jaringan dan berusaha untuk menampillkan semua informasi di paket tersebut sedetail mungkin. WireShark bisa disebut Network Packet Analyzer.
Sedangkan Sniffing adalahh aktifitas mengendus paket-peket yang berjalan di jaringan. Missal kita melakukan sniffing password kita dapat mengetahui paket-paket yang berisi password di jaringan.

Berikut langkah-langkah Sniffing dengan WireShark :
1.       Koneksikan PC dengan internet dan buka program WireShark.



2.       Pilih menu Capture di menu bar dan pilih Interface.
3.       Setelah muncul tampilan Capture Interface, pilih interface (network card) yang akan digunakan untuk mencapture paket dan pilih yang paket datanya sedang berjalan dan klik Start. Contoh Microsoft yang paketnya sedang berjalan.


4.       Ketika WireShark aktif men-capture paket-pekat yang sedang berjalan. Kita buka suatu website yang digunakan untuk di sniffting password dan usernya. Lalu kita melakukan login pada website tersebut. Contoh saya menggunakan www.data.smartfren.com

5.       Setelah login kita pilih menu bar Edit dan pilih Find Packet. Kemudian setelah tampilan Find Packet muncul pilih find by string, pilih seachh in packet bytes, filter dengan perintah POST untuk mengetahui password yang dimasukan. Lalu kilik Find

6.       Setelah paket ditemukan klik kanan pada paket tersebu dan pilih Follow TCP Stream.




7.       Setelah melakukan proses sebelumnya, muncullah hasil Follow TCP Stream

8.       Selesailah proses sniffing akun dengan WireShark. Kita dapat mengetahui dari gambar diatas bahwa : 
smart_no = 08****
user_pass = A***

Sekian tutorial sniffing dengan Wireshark, Selamat berekperiment gan.. :D

0 komentar:

Posting Komentar